Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Cara Install Nextcloud di Cpanel

12 Februari 2021 | 22:51 WIB Last Updated 2022-05-19T15:34:12Z
Cara Install Nextcloud di Cpanel

Cara Install Nextcloud di Cpanel, Namun sebelumnya kita harus mengenal terlebih dahulu Apa Itu Nextcloud ?

Sahabat Detik Kuamangmedia.com yang kami hormati, Nextcloud adalah sebuah software open source yang pertama kali dikembangkan pada tahun 2016.

Software ini dibuat untuk membuat Penyimpanan pribadi Kamu.

Fitur-fitur yang ada pada Nextcloud bisa dikatakan Hampir sama dengan fitur-fitur yang disediakan oleh layanan Cloud Storage seperti Onedrive atau Google Drive.

Agar dapat menggunakan Nextcloud, yang harus kamu lakukan yaitu menginstall softwarenya di Server kamu tetapi kali ini saya akan jelaskan installasinya melalui Cpanel.

sementara untuk client softwarenya bisa diinstall di komputer Windows, OS X, Linux dan tanpa Install Softwarenya client juga bisa mengaksesnya melalui Url Website yang dijadikan Cloud Storage Nexcloud.

Fitur-Fitur NextCloud
  • File sync dan file share

Tentunya fungsi paling utama Cloud Storage yaitu untuk menyimpan data pastinya. NextCloud mempermudah proses upload, singkronisasi, berbagi file, dan download file mereka dengan user interface yang mudah untuk diatur dan digunakan.

Seperti yang bisa kamu lihat di atas, di interface ini kamu bisa melihat Bandwith pengguna dan juga memberi pilihan berbagi yang lebih mudah.

Kamu bisa langsung berbagi melalui email, URL, dan bahkan sosial media.

  • Keamanan yang terjaga

Dan untuk keamanan, NextCloud menyediakan autentifikasi dua langkah, kemampuan untuk membatasi login ke rentang IP Address tertentu serta alur masuk berbasis token baru untuk user.

Tidak hanya itu saja, NextCloud juga menyediakan end-to-end encryption seperti Whatsapp untuk file-file yang Anda upload ke Cloud Storagenya.

  • NextCloud talk

NextCloud menyediakan fitur teks, audio, dan video chat. Ini adalah software open source yang dikhusukan untuk melakukan meeting seperti Aplikasi Zoom.

Dengan keamanan end-to-end encryption, mereka menjamin bahwa tidak akan ada pihak ketiga yang tahu siapa, kapan, dan apa isi pembicaraannya dan hal ini mempermudah untuk komunikasi.

Cara Install Nextcloud ?
  1.  Unduh Terlebih dahulu file Zip Nextcloud di Website Resminya nextcloud.com Pilih Opsi Download For Server
  2. Upload File yang sudah kamu unduh tadi di Cpanel Kamu di dalam File Manager Public Html dan kemudian langsung saja kamu Ekstrak di Public Html
  3. Selanjutnya kamu cari PHP Selector di Cpanel kamu, untuk mengaktifkan ektension Versi PHP yang akan digunakan untuk installasi nextcloud. Aktifkan Ektension untuk PHP 7.3
  4. Untuk databasenya terdapat 2 Pilihan menggunakan SQLite atau Mysql (disini saya asumsikan menggunakan SQLite)
  5. karena menggunakan SQLite setting Databasenya langsung melalui URL Domain/Web yang kita jadikan Cloud Storage.
  6. Disitu akan diminta username, password, nama database dll. Kamu cukup isi Form itu dan Klik Install. Maka Private Cloud sudah dapat kamu gunakan. Mudah Bukan


Note : Cara installasinya sama seperti Owncloud hanya beda Versi PHP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar